Selamat Datang di Mall-Baby.com Toko Online Terpercaya :)

Jangan Sembarangan Menindik Kuping Bayi


9 Januari 2014

SHUTTERSTOCK Ilustrasi

Salah satu ritual dari memiliki bayi perempuan adalah tahapan menindik telinga anak. Sebagai seorang ibu hamil, tentu Anda tidak sabar untuk menata gaya si kecil. Tapi, tunggu dulu, tahan diri Anda untuk mengaitkan anting lucu di daun telinga buah hati. Karena kalau tidak hati-hati bisa menyebabkan infeksi pada kulitnya yang sensitif.

Proses tindik kuping bayi wajib dilakukan oleh dokter atau bidan berpengalaman, jika melakukan sendiri, risikonya sangat tinggi. Disarankan penindikan dilakukan saat usia bayi menginjak enam bulan. 

Selain itu, ada pula beberapa hal lain yang perlu diperhatikan oleh orangtua yang ingin menindik telinga bayi cantik mereka, agar tidak menimbulkan infeksi :

- Untuk mencegah terjangkit infeksi, pastikan bayi Anda dalam kondisi sehat.

- Sebelum dokter menindik telinga bayi Anda, pastikan dokter mengusapkan salep penahan rasa sakit dalam dosis ringan. Hal ini akan mengurangi rasa tidak nyaman setelah proses penindikan.

- Segera setelah penindikan dilakukan, Anda harus membersihkan daerah bekas tusukan jarum menggunakan hidrogen peroksida atau alkohol. Meski rasanya seperti gigitan semut yang menggelitik di telinga bayi Anda, tetapi ini akan melindunginya dari infeksi dan iritasi.

- Setelah penindikan dilakukan, Anda perlu membersihkan anting-anting yagn dikenakan bayi Anda setidaknya dua kali dalam sehari selama enam bulan.

- Terakhir, anting-anting harus tetap dikenakan di telinga bayi selama satu tahun. Sebelum mengaitkan anting,  pastikan untuk mengoleskan sedikit minyak kelapa di telinga bayi, agar telinganya terasa lebih nyaman. 

Sumber :

Penulis :
K. Wahyu Utami
Editor :
Syafrina Syaaf



Baca juga
  » 1 Januari 2016
Yang Harus Dilakukan Agar Balita Tidak Rewel Setelah Imunisasi
saat imunisasi, dokter akan memberikan obat penurun panas

  » 10 Desember 2015
4 Tanda & Gejala Awal Autisme pada Bayi
Ketika seorang anak didiagnosis dengan autisme ringan atau autisme parah, terkadang orangtua mereka mengklaim bahwa anaknya tidak menunjukkan tanda-tanda autisme pada masa bayi.

  » 8 Desember 2015
Mengapa ASI Semakin Sedikit?
Adapun cara kedua untuk meningkatkan ASI adalah dengan menggunakan pompa ASI

  » 7 Desember 2015
Persiapan Menjelang Persalinan Agar Tenang
Setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda mengenai pilihan metode persalinan anda lebih siap

  » 3 Desember 2015
Bahaya kah bila air ketuban merembes ?
Seberapa banyak volume cairan yang merembes keluar yang diakibatkan oleh robeknya selaput ketuban