Selamat Datang di Mall-Baby.com Toko Online Terpercaya :)

Anak Tidak Suka Buah? Sajikan dengan 5 Cara Ini


27 Maret 2015

Buah-buahan adalah salah satu jenis makanan ringan/camilan yang biasa diberikan ke anak-anak. Selain rasanya yang segar dan nikmat, buah-buahan juga menyehatkan karena kaya vitamin, mineral, serat, dan nutrisi penting lainnya. Namun, tidak semua anak menyukai buah-buahan. Cukup disayangkan memang, karena banyak sekali nutrisi dalam buah yang bermanfaat untuk anak. Bila sudah begini, tentu saja Bunda akan kebingungan bagaimana cara mengakali agar anak mau makan buah. Tak perlu bingung, Bunda. Bunda bisa mencoba untuk menyajikan buah dalam tampilan yang lebih kreatif atau mengolahnya menjadi bentuk makanan lain agar anak tertarik untuk memakannya.

Berikut beberapa cara dan ide menyajikan buah-buahan untuk buah hati:

  1. Smoothie Stroberi Susu Yogurt
    Smoothie Stroberi Yogurt

    Cara pertama untuk menyajikan buah-buahan ke anak adalah dengan cara diolah menjadi smoothie yang segar. Misalnya, Smoothie Stroberi Susu Yogurt berikut ini.

    Cara membuatnya:
    Siapkan 8 buah stroberi. Baju Bayi Perempuan . Cuci bersih stroberi, potong-potong dan masukkan ke dalam blender. Kemudian, tambahkan susu cair 120 ml dan sedikit plain yogurt. Proses hingga halus, lalu tuang ke dalam gelas. Bila suka, dapat menggunakan sedikit es batu.

  2. Kebab buah saus madu yogurt
    Cara kedua untuk menyajikan buah-buahan ke anak adalah dengan membuat kebab buah dan disajikan dengan saus madu. Misalnya, Kebab buah saus madu yogurt berikut ini.

    Kebab Buah-buahan

    Cara membuatnya:
    Buat saus madu yogurt dengan cara mencampur 3 sendok makan madu dengan 240 ml plain yogurt dalam mangkuk, aduk rata dan simpan di dalam lemari es. Siapkan buah-buahan seperti pisang, apel, semangka, pir, stroberi, kiwi, melon, atau buah-buahan lainnya sesuai selera. Cuci bersih buah, potong kecil-kecil bentuk kotak, bintang, setengah lingkaran, atau bentuk lainnya yang menarik. Tusuk dengan tusuk sate, dengan urutan selang-seling. Tata di atas piring dan sajikan bersama saus madu-yogurt.

  3. Puding Mangga
    Cara ketiga untuk menyajikan buah ke anak adalah dengan mengolah buah menjadi puding buah. Misalnya, Puding Mangga berikut ini.

    Puding Mangga

    Bahan Puding:
    1 liter susu cair
    200 gram mangga (blender halus)
    1 bungkus agar-agar bubuk
    1/2 sendok makan jeli bubuk
    150 gram gula pasir

    Cara membuat puding mangga:
    Campur susu, jus mangga, agar-agar, jeli bubuk, dan gula pasir dalam panci. Masak sambil diaduk hingga mendidih. Setelah mendidih, tuang ke dalam loyang, dan bekukan dalam lemari es. Setelah beku, puding siap disajikan.

  4. Salad buah dengan saus madu atau jeruk
    Cara keempat untuk menyajikan buah-buahan ke anak adalah dengan membuat salad buah yang dicampur dengan

    Salad Buah-buahan

    sedikit perasa seperti madu atau jeruk. Misalnya, salad buah berikut ini.

    Cara membuatnya:
    Siapkan aneka buah seperti pepaya, apel, stroberi, mangga, semangka, melon, atau buah-buahan lainnya sesuai selera. Cuci bersih, kupas, dan potong kecil. Tempatkan dalam mangkuk. Tambahkan sedikit madu di atasnya atau sedikit air perasan jeruk.

  5. Kue Pisang
    Cara kelima untuk menyajikan buah-buahan ke anak adalah dengan membuat cake atau kue. Misalnya Kue pisang berikut ini.

    Kue Pisang

    Bahan:
    280 gram tepung terigu
    1 sdt baking soda
    1/2 sdt garam
    110 gram mentega
    225 gram gula
    2 butir telur
    4 buah pisang yang sudah matang (haluskan)
    85 ml susu cair
    1 sdt ekstrak vanila

    Cara membuatnya:
    - Panaskan oven 180 derajat Celsius
    - Mangkuk 1: Ayak tepung, baking soda, dan garam, masukkan dalam mangkuk.
    - Mangkuk 2: Dalam mangkuk terpisah, kocok mentega dan gula bersama-sama sampai ringan dan halus. Tambahkan telur, pisang, susu, vanili, aduk rata.
    - Selanjutnya campurkan adonan mangkuk 1 dengan mangkuk 2, aduk rata.
    - Siapkan loyang ukuran 20 x 12.5 cm. Olesi loyang dengan mentega, lalu tuang adonan ke dalam loyang dan panggang dalam oven selama kurang lebih 1 jam.
    - Setelah matang, keluarkan kue dari loyang, biarkan agak dingin dulu. Selanjutnya bisa dipotong-potong dan sajikan ke buah hati.

Sumber : http://informasitips.com/anak-tidak-suka-buah-sajikan-dengan-5-cara-ini



Baca juga
  » 9 Oktober 2019
Penyebab Ruam Popok dan Cara Mengatasinya
Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi di area yang tertutup popok. Penyebabnya bisa beragam, tapi umumnya karena pemakaian popok yang terlalu lama dan ketat, atau karena infeksi. Namun Bunda tidak perlu panik, karena ada cara mudah untuk mengatasinya.

  » 6 September 2019
JADWAL MAKAN BAYI 6 BULAN (MPASI) DALAM SEHARI
Wah, si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, Bu? Sebentar lagi, saatnya pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI lho. Jangan terlambat mengenalkan si kecil dengan MPASI.

  » 5 September 2019
Cara merawat kulit bayi
Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Kulit bayi memang lebih tipis dan lebih rentan mengalami iritasi. Oleh karena itu, menjaga kulitnya tetap sehat merupakan salah satu hal yang penting dalam merawat bayi. Berikut panduan lengkap merawat kulit bayi yang bisa Anda terapkan di rumah mulai hari ini.

  » 1 Januari 2016
Yang Harus Dilakukan Agar Balita Tidak Rewel Setelah Imunisasi
saat imunisasi, dokter akan memberikan obat penurun panas

  » 10 Desember 2015
4 Tanda & Gejala Awal Autisme pada Bayi
Ketika seorang anak didiagnosis dengan autisme ringan atau autisme parah, terkadang orangtua mereka mengklaim bahwa anaknya tidak menunjukkan tanda-tanda autisme pada masa bayi.