Selamat Datang di Mall-Baby.com Toko Online Terpercaya :)

Tips Cerdas Agar Si Buah Hati Tak Gampang Sakit


28 Agustus 2015

Melihat si buah hati tumbuh sehat dan selalu aktif serta ceria tentunya menjadi harapan untuk kita para orangtua. Karenanya, hati orangtua mana yang tidak sedih saat harus melihat kecerian si buah hati sirna karena penyakit yang menyerang mereka.

Saat si buah hati jatuh sakit biasanya para orangtua menjadi panik dan sedih karena melihat anaknya terkulai lemas tak berdaya. Apalagi saat ini kita hampir menghadapi penghujung tahun, biasanya bulan-bulan akhir di penghujung tahun akan memasuki musim hujan. Sebagaimana kita ketahui musim hujan selalu diidentikan dengan penyakit, kuman dan bakteri. Itulah mengapa pada musim ini anak-anak akan lebih rentan terkena berbagai penyakit seperti diantaranya demam, flu, batuk hingga diare.

Sejatinya memang wajar jika bayi dan anak-anak menjadi mudah sakit dibandingkan dengan orang dewasa, hal ini dikarenakan sistem imun atau kekebalan tubuh anak-anak tidak sebanding kuat dengan sistem yang dimiliki orang dewasa, sistem imun pada anak-anak sejatinya belum terbentuk secara sempurna sehingga ketika paparan bakteri atau kuman masuk kedalam tubuhnya, ia akan menjadi lebih rentan terserang penyakit.

Selain dipengaruhi oleh faktor alami seperti cuaca, polusi, pencemaran lingkungan dan minimnya pengetahuan masyarakat untuk menjaga fasilitas umum menambah faktor penyebab mudahnya penyebaran penyakit terjadi. Namun demikian, setidaknya sebagai orang tua kita dapat mengupayakan beberapa pecegahan untuk menjaga si buah hati agar tidak gampang sakit.

Berikut ini tips yang bisa anda lakukan agar si buah hati tak gampang sakit :

1. Jaga dan Perhatikan Kebersihan Si Buah Hati

Kita semua mungkin sudah tahu jika kotoran dan kuman merupakan sumber penyakit yang paling umum, bahkan bibit penyakit yang terdapat pada kotoran akan dengan mudah berkembang sehingga semakin cepat menjadi sarang penyakit jika terkena tubuh dan menyebar pada tubuh. Disinilah peran orang tua terutama ibu amat dibutuhkan. Ibu dituntut untuk sedapat mungkin menjaga dan memelihara kebersihan lingkungan sekitar serta makanan yang dikonsumsi si buah hati. Selain itu, hal yang tak kalah penting diperhatikan pada si buah hati adalah jaga kebersihan kuku, gigi dan pakaian anak, sebab beberapa hal tersebut adalah sumber terkecil kuman untuk menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh si bauh hati.

2. Penuhi Kebutuhan Cairan

Tubuh amat membutuhkan cairan untuk menjaga segala proses di dalamnya, seperti proses pencernaan dan sirkulasi darah dalam tubuh, serta proses metabolisme tubuh lainnya. Yang mana kesemua proses tersebut membutuhkan cairan cukup dalam tubuh untuk dapat menunjang kelangsungan proses dengan optimal. Apabila tubuh kekurangan cairan, maka yang terjadi dengan tubuh anda adalah tubuh yang akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Akibatnya tubuh akan lebih rentan terserang penyakit karena proses dalam tubuh terhambat atau tidak lancar. Untuk itu, pastikan jika anda selalu memenuhi kebutuhan cairan si kecil setiap hari.

3. Konsumsi Buah dan Sayur

Jenis makanan seperti buah dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang amat dibutuhkan tubuh. Dengan mengkonsumsinya secara rutin dalam porsi yang pas untuk anak-anak, maka hal ini akan membantu mereka untuk terhindar dari penyakit dan membuat sistem imunnya menjadi lebih kuat.

4. Berikan Madu

Untuk bayi dengan usia berada diatas 2 tahun, orang tua bisa memberikan madu alami secara rutin sebagai obat imun untuk menjaga sistem kekebalan tubuhnya menjadi lebih kuat, sehingga ia tidak mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan madu memiliki kandungan anti kuman, anti virus dan memiliki kemampuan untuk mengingkatkan kekebalan tubuh secara alami.

Demikian beberapa tips cerdas untuk menjaga si buah hati agar tidak mudah sakit. Anak yang aktif dan ceria mengisi hari-harinya tentu akan membuat hati orangtua menjadi gembira.

Baju Bola Bayi

Sumber :http://bidanku.com/tips-cerdas-agar-si-buah-hati-tak-gampang-sakit



Baca juga
  » 9 Oktober 2019
Penyebab Ruam Popok dan Cara Mengatasinya
Ruam popok adalah iritasi pada kulit bayi di area yang tertutup popok. Penyebabnya bisa beragam, tapi umumnya karena pemakaian popok yang terlalu lama dan ketat, atau karena infeksi. Namun Bunda tidak perlu panik, karena ada cara mudah untuk mengatasinya.

  » 6 September 2019
JADWAL MAKAN BAYI 6 BULAN (MPASI) DALAM SEHARI
Wah, si kecil sudah memasuki usia 6 bulan, Bu? Sebentar lagi, saatnya pemberian makanan pendamping ASI atau MPASI lho. Jangan terlambat mengenalkan si kecil dengan MPASI.

  » 5 September 2019
Cara merawat kulit bayi
Bayi memiliki kulit yang sangat sensitif. Kulit bayi memang lebih tipis dan lebih rentan mengalami iritasi. Oleh karena itu, menjaga kulitnya tetap sehat merupakan salah satu hal yang penting dalam merawat bayi. Berikut panduan lengkap merawat kulit bayi yang bisa Anda terapkan di rumah mulai hari ini.

  » 1 Januari 2016
Yang Harus Dilakukan Agar Balita Tidak Rewel Setelah Imunisasi
saat imunisasi, dokter akan memberikan obat penurun panas

  » 10 Desember 2015
4 Tanda & Gejala Awal Autisme pada Bayi
Ketika seorang anak didiagnosis dengan autisme ringan atau autisme parah, terkadang orangtua mereka mengklaim bahwa anaknya tidak menunjukkan tanda-tanda autisme pada masa bayi.