Selamat Datang di Mall-Baby.com Toko Online Terpercaya :)

Cara Mudah Membuat Bayi Tidur Sepanjang Malam


27 November 2015

Salah satu pengalaman baru bagi para orang tua dengan bayi mereka adalah pengalaman untuk terjaga sepanjang malam. Bayi dapat bangun dan terjaga sepanjang malam dan membuat jadwal kegiatan anda berantakan. Padahal kita tahu bahwa banyak aktivitas yang harus dilakukan esok hari. Pada umumnya bayi akan menghabiskan 16 jam dalam sehari untuk tidur. Waktu 16 jam ini terbagi-bagi ke dalam beberapa bagian. Agar anda dapat beristirahat saat malam, ada beberapa cara untuk membuat bayi tidur sepanjang malam. Berikut beberapa hal yang dapat anda lakukan. 

Mengatur Jadwal Khusus untuk Bayi
Cara pertama yang dapat andal lakukan adalah dengan menjadwalkan jam bangun bayi. Jika bayi anda terbisaa untuk terbangun saat malam dan selalu bangun siang, ubah kebisaaan ini. Bangunkan bayi anda pada jam yang sama setiap pagi agar bayi terbisaa untuk segera tidur pada malam hari. Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan mengajak bayi anda berjalan-jalan. Tujuannya untuk menurunkan stress dan dapat memebrikan bayi anda suasana yang lebih segar daripada hanya di rumah saja. Bisaakan juga untuk selalu menggendong bayi anda pada sore hari. Saat anda membisaakan menggendong bayi pada sore hari, maka dia akan merasa senang. Rasa ini akan bertahan hingga malam hari saat akan tidur tiba. Cara lain yangdapat anda lakukan adalah dengan mengatur agar perasaan bayi anda merasa senang. Anda dapat melakukan aktivitas seperti memandikan, bernyanyi ataupun memijat. Pilihlah aktivitas ritun yang sekiranya disukai oleh bayi anda. dengan melakukan aktivitas ini secara berkala, bayi akan merasa tenang. Dengan selalu merasa tenang serta rileks, bayi akan lebih santai dan dapat tidur lebih lama. Hal ini tentunya sangat berbeda jika bayi anda merasa stress dan berada dalam keadaan yang tidak nyaman. Jadwalkan khusus aktivitas-aktivitas di atas agar bayi anda terbisaa dengan kondisi yang dapat mendukungnya untuk tidur nyaman di malam hari. 

Mengatur Asupan Nutrisi di Waktu dan Saat yang Tepat
Nutrisi terbaik untuk bayi anda adalah air susu ibu. Bisaakan untuk memberikan ASI kepada bayi secara rutin dan teratur. Pemberian ASI dapat membantu bayi agar dapat tidur nyenyak di malam hari. Penting sekali untuk memberikan ASI pada bayi anda. Berikan asupan ASI yangmemadai bagi bayi pada siang hari. Pada siang hari bayi cenderung untuk minum ASI dalam jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini karena anak lebih senang untuk mengeksplorasi dunia di sekitarnya. Meskipun demikian pastikan bayi anda minum ASi di siang hari agar kenyang dan dan membuatnya tidur nyenyak di malam hari. Jika bayi anda terbangun di malam hari dan meminta ASI, pastikan anda memberikannya dengan konsisi penerangan yang minim. Hal ini agar bayi merasa bahwa malam hari adalah waktunya tidur.

Sumber : www.bidanku.com



Baca juga
  » 1 Januari 2016
Yang Harus Dilakukan Agar Balita Tidak Rewel Setelah Imunisasi
saat imunisasi, dokter akan memberikan obat penurun panas

  » 10 Desember 2015
4 Tanda & Gejala Awal Autisme pada Bayi
Ketika seorang anak didiagnosis dengan autisme ringan atau autisme parah, terkadang orangtua mereka mengklaim bahwa anaknya tidak menunjukkan tanda-tanda autisme pada masa bayi.

  » 8 Desember 2015
Mengapa ASI Semakin Sedikit?
Adapun cara kedua untuk meningkatkan ASI adalah dengan menggunakan pompa ASI

  » 7 Desember 2015
Persiapan Menjelang Persalinan Agar Tenang
Setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda mengenai pilihan metode persalinan anda lebih siap

  » 3 Desember 2015
Bahaya kah bila air ketuban merembes ?
Seberapa banyak volume cairan yang merembes keluar yang diakibatkan oleh robeknya selaput ketuban