Selamat Datang di Mall-Baby.com Toko Online Terpercaya :) *** LIBUR : 21 juni - 2 Juli 2017 *** SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI ^^/

Yang Harus Dilakukan Agar Balita Tidak Rewel Setelah Imunisasi


1 Januari 2016

Imunisasi merupakan pemberian vaksin ke dalam tubuh agar si kecil terhindar dari penyakit–penyakit tertentu. Imunisasi dapat diberikan lewat suntikan maupun diteteskan lewat mulut. Beberapa jenis imunisasi seperti imunisasi DPT biasanya menyebabkan bayi panas setelah diimunisasi. Pasalnya, tubuh menimbulkan reaksi dan melakukan penyesuaian sehingga menyebabkan anak mengalami demam dan membuatnya rewel. Sebagai orangtua, Moms tentu tidak ingin si kecil rewel setelah diberi imunisasi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk membantu Moms agar si kecil tidak rewel setelah imunisasi.

Pilih Imunisasi yang Tidak Menyebabkan Demam

Saat ini sudah ada pilihan imunisasi yang tidak menyebabkan efek demam sehingga si kecil tidak akan rewel. Sebenarnya, anak akan demam atau tidak setelah imunisasi tergantung dari daya tahan tubuhnya. Imunisasi yang tidak menyebabkan demam biasanya harganya lebih mahal daripada imunisasi biasa.

Memberi Obat Penurun Panas

Saat imunisasi, dokter akan memberikan obat penurun panas supaya anak tidak demam di malam hari. Berikan obat tersebut sesuai dengan anjuran dokter sehingga si kecil tidak demam dan rewel.

Kompres Bekas Luka

Jika imunisasi diberikan dengan cara disuntik, kompres bekas bagian yang disuntik menggunakan kapas atau kasa stering yang sudah dibasahi air dingin. Kompres selama 10 sampai 20 menit untuk membantu mengurangi bengkak atau rasa nyeri akibat suntikan.

Beri Banyak Cairan

Beri si kecil banyak cairan entah itu air putih, susu, jus, atau cairan lainnya. Cairan dapat membantu menyetabilkan suhu di dalam tubuh sehingga dapat mengurangi demam.

Atur Pendingin Ruangan

Aturlah suhu pendingin ruangan di dalam kamar agar tetap terasa nyaman untuk anak. Keadaan ruangan yang nyaman akan membuat anak beristirahat dengan nyaman.

Demam atau tidaknya setelah imunisasi sebenarnya tergantung dari daya tahan tubuh masing – masing anak. Ada anak yang demam tetapi ada pula yang tidak setelah diberi imunisasi. Untuk menghindari reaksi imunisasi, pastikan si kecil sehat ketika akan diimunisasi. Tidak disarankan memberi vaksin pada bayi yang sedang sakit. Jika si kecil tidak demam, maka ia pun tidak akan rewel setelah imunisasi.

Sumber : www.merries.co.id



Baca juga
  » 10 Desember 2015
4 Tanda & Gejala Awal Autisme pada Bayi
Ketika seorang anak didiagnosis dengan autisme ringan atau autisme parah, terkadang orangtua mereka mengklaim bahwa anaknya tidak menunjukkan tanda-tanda autisme pada masa bayi.

  » 8 Desember 2015
Mengapa ASI Semakin Sedikit?
Adapun cara kedua untuk meningkatkan ASI adalah dengan menggunakan pompa ASI

  » 7 Desember 2015
Persiapan Menjelang Persalinan Agar Tenang
Setelah berkonsultasi dengan dokter kandungan anda mengenai pilihan metode persalinan anda lebih siap

  » 3 Desember 2015
Bahaya kah bila air ketuban merembes ?
Seberapa banyak volume cairan yang merembes keluar yang diakibatkan oleh robeknya selaput ketuban

  » 2 Desember 2015
Tips Memilih Bra untuk Ibu Menyusui
Dengan demikian ibu menyusui harus mendahulukan kenyaman yang menjadi syarat penting menggunakan bra yang tepat